Tips Seo Pemula,Tips Seo Blog Baru

Redirect Halaman Blogger Dengan Custom Redirect


Redirect Halaman Blogger Dengan Custom Redirect

 

Tips SEO Redirect

 

Di WordPress (self-hosted tentunya), ada banyak plugin redirect yang siap digunakan. Sebelum kehadiran Blogger Custom Redirect, dulu cukup kesusahan juga kalo nemu broken link, ga tau mesti diapain. Kalo pake website pada umumnya, saya cukup mengakses .htaccess dari FTP server dan menuliskan redirect halaman, tapi di Blogger, darimana mengaksesnya? Tapi, untungnya, sekarang tidak lagi. Fitur ini sudah ada dan sama kuatnya dengan plugin-plugin redirect sekelas WordPress.

"Mengapa dan Kapan Saya Harus Menggunakan Redirect?"

Jawabannya cukup sederhana:
1. Agar pengunjung tidak kecewa karena link yang dia tuju telah rusak atau sebenarnya ada link yang benar tapi tidak terakses.
2. Saya bisa meredirect halaman yang telah dihapus karena sudah usang dan meredirectnya ke halaman baru yang merupakan update.
3. Menghindari broken link, dan menyalurkan link juice di link lama ke link baru. Sehingga apabila halaman lama yang dihapus sudah ber-pagerank, maka halaman baru hasil redirect akan mendapatkan juice-nya (dengan permanent redirect, 301).
4, Masih banyak lagi!

Cara Menggunakan Blogger Custom Redirect

Fitur ini adalah bagian dari fitur utama "search preferences", jadi akses melalui dashboard > Setting > Search Preferences > Lihat pada bagian "Errors and redirections" > Custom redirect.
1. Klik link "edit".
Blogger Custom Redirect 1
2. Setelah itu, anda akan melihat dua kolom, yang pertama adalah asal redirect, dan kedua adalah tujuan redirect. 
Redirect Halaman Blogger
Sebagai contoh, saya me-redirect satu halaman tentang meta tags yang menurut saya sudah usang (khususnya mengenai meta keywords yang sudah tidak penting lagi). Saya menghapus dan meredirectnya ke halaman baru yang berbicara tentang fitur meta description blogger dan optimalisasinya.
URL halaman yang di hapus/diredirect:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2010/12/cara-memasang-meta-tags-di-blogger.html
URL halaman tujuan:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/07/cara-menambahkan-dan-mengoptimalkan-meta-description-blogger.html
Perhatikan pada bagian url yang diberi warna merah, itulah yang akan dimasukkan ke dalam kedua kolom tersebut. Pastikan diawali dengan "/".
3. Setelah itu, pastikan url yang dimasukkan sudah benar. Apabila redirect ini untuk selamanya (permanent), centang "permanent" (ini adalah redirect 301, yang sangat SEO Friendly). Jika hanya untuk sementara, tidak dicentang tidak masalah (redirect 302, sementara). Kemudian tekan "save" pada perintah  redirect tersebut.
Redirect Blogspot
4. Jika ingin membuat redirect lain lagi, lihat ke bagian atasnya, tekan "Add New" atau tambahkan redirect baru. Jika tidak, tekan "save changes".
Uji coba apakah redirect anda berhasil dengan memasukkan url lama ke browser. Jika halaman kemudian diarahkan ke halaman baru, maka redirect berhasil.

Refrensi : http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/08/redirect-halaman-blogger-dengan-custom-redirect.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknik Lanjutan SEO dengan judul Redirect Halaman Blogger Dengan Custom Redirect. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsseo-blogger-komputer.blogspot.com/2013/02/redirect-halaman-blogger-dengan-custom.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Gie alindro - Sabtu, 09 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Redirect Halaman Blogger Dengan Custom Redirect"

Posting Komentar